contoh RPPBahasaIndonesia Berkarakter SMP KelasI X 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Nama Sekolah              : ..............................

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas / Semester         : IX/2

Standar Kompetensi   : 9.  Memahami isi pidato / ceramah / khotbah

Kompetensi Dasar      : 9.1. Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah

Alokasi waktu                        : 2 x 40 menit


1.   Tujuan Pembelajaran
      Peserta didik dapat menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah.

v  Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.   Materi  Pembelajaran
      a. Penyimpulan pidato/ceramah/khotbah.

3.   Metode Pembelajaran
      a. Pemodelan
      b. Inkuiri

4.   Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
      a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
    1. Peserta didik mendengarkan rekaman sebuah pidato/ceramah/khotbah.
Memotivasi :
    1. Peserta didik menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.

      b. Kegiatan Inti   
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F  mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F  memfasilitasi Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
F  Peserta didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.
F  Peserta didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.dalam bentuk kalimat
F  Peserta didik menyunting cerpen yang sudah ditulis.
F  melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F  menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F  memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F  melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F  memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F  memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F  memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F  memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F  memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F  memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  membantu menyelesaikan masalah;
Ø  memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

c. Kegiatan Akhir
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F  bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F  melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F  memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F  merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

5.   Sumber Belajar
      a. Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
      b. Teks pidato/ceramah/khotbah.
      c. Buku p[elajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

6.   Penilaian
·     Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
·  Mampu menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
·  Mampu menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah


Tes  tulis
Uraian
·  Tulislah hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
·  Simpulkanlah pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan  ke dalam beberapa kalimat!

      1. Tuliskan hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah. Yang kamu dengar !
          Pedoman penskoran :
Soal
Skor
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dari pidato secara lengkap
2
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dri pidato kurang lengkap
1
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
0

2. Simpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat !
Soal
Skor
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang sesuai
2
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang kurang sesuai
1
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang tidak sesuai
0

      Perhitungan nilai akhir
Nilai akhir :     Skor yang diperoleh       X   100  
                                    Skor maksimak


Mengetahui,
Kepala ...............……………



(__________________________)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  2012
Guru


(_______________________)
NIP  : ..........................

contoh RPPBahasaIndonesia Berkarakter SMP KelasI X 1 Rating: 4.5 Diposkan Oleh: bloggerid

No comments:

Post a Comment