RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar : 9.1. Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
( RPP )
Nama Sekolah : ..............................
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : IX/2
Standar Kompetensi : 9. Memahami isi pidato / ceramah / khotbah
Kompetensi Dasar : 9.1. Menyimpulkan pesan pidato/ ceramah/ khotbah
Alokasi waktu : 2 x 40 menit
1. Tujuan
Pembelajaran
Peserta
didik dapat menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah.
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2. Materi Pembelajaran
a.
Penyimpulan pidato/ceramah/khotbah.
3. Metode
Pembelajaran
a.
Pemodelan
b.
Inkuiri
4. Langkah-langkah
kegiatan pembelajaran
a. Kegiatan
Awal
Apersepsi
:
1. Peserta didik mendengarkan rekaman sebuah
pidato/ceramah/khotbah.
Memotivasi :
1. Peserta
didik menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
b. Kegiatan
Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F mampu bercerita dengan
urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
F memfasilitasi
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah.
F Peserta
didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.
F Peserta
didik menuliskan pesan dalam pidato/ceramah/khotbah.dalam bentuk kalimat
F Peserta
didik menyunting cerpen yang sudah ditulis.
F melibatkan peserta didik
mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan
dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F menggunakan beragam
pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F memfasilitasi terjadinya
interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik
secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F memfasilitasi peserta
didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis,
secara individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta
didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik
positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah
terhadap keberhasilan peserta didik,
F memberikan konfirmasi
terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta
didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F memfasilitasi peserta
didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø membantu menyelesaikan
masalah;
Ø memberi acuan agar
peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø memberi informasi untuk
bereksplorasi lebih jauh;
Ø memberikan motivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
c. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
F bersama-sama dengan
peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F melakukan penilaian
dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten
dan terprogram;
F memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F merencanakan kegiatan
tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan
konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok
sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Sumber Belajar
a.
Kaset / VCD pidato/ceramah/khotbah.
b. Teks pidato/ceramah/khotbah.
c.
Buku p[elajaran Bahasa dan Sastra Indonesia
6. Penilaian
· Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
Instrumen
|
|
· Mampu
menemukan hal-hal pokok dalam pidato/ceramah/khotbah
· Mampu
menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
|
Tes tulis
|
Uraian
|
· Tulislah
hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan!
· Simpulkanlah
pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat!
|
1.
Tuliskan hal-hal pokok dari pidato/ceramah/khotbah. Yang kamu dengar !
Pedoman penskoran :
Soal
|
Skor
|
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dari pidato secara lengkap
|
2
|
Peserta didik menuliskan hal-hal pokok dri pidato kurang lengkap
|
1
|
Peserta didik tidak menuliskan apa-apa
|
0
|
2.
Simpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah yang kamu dengarkan ke dalam beberapa kalimat
!
Soal
|
Skor
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang sesuai
|
2
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan
kalimat yang kurang sesuai
|
1
|
Peserta didik menuliskan pesan pidato dengan kalimat yang tidak
sesuai
|
0
|
Perhitungan
nilai akhir
Nilai
akhir : Skor yang diperoleh X
100
Skor
maksimak
Mengetahui,
Kepala ...............……………
(__________________________)
NIP / NIK : ..........................
|
…..,………………… 2012
Guru
(_______________________)
NIP : ..........................
|
No comments:
Post a Comment